3 views

Smanduta Lestarikan Tradisi Bali Lewat Utsawa Dharma Gita

Perwakilan Smanduta (dua dari kiri) hadir dalam penerimaan hadiah Lomba Utsawa Dharma Gita yang dilaksanakan BNPB Bali (29/5)

Siswa SMA Negeri 2 Kuta (Smanduta) berhasil meraih juara Harapan I dalam Lomba Utsawa Dharma Gita yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali yang diumumkan, 28 Mei 2021. Bagi keluarga besar Smanduta ini merupakan kebanggan.

“Bisa masuk 5 besar terbaik se-Bali, dari 27 sekolah terbaik, ini merupakan kebanggaan,” ungkap Ibu Made Mariani, selaku pembina siswa.

Dua siswa yang berhasil mendapatkan juara harapan I tersebut adalah Ni Ketut Kusuma Chandra Dewi dan Ni Komang Kusuma Candrawati.

SMA Negeri 2 Kuta terus berupaya meningkatkan minat dan bakat siswanya dalam bidang tradisi seni dan budaya melalui ekstrakurikuler. “Walaupun sekarang pandemi, prestasi tidak boleh ikut kena virus, apalagi jika itu menyangkut adat dan tradisi” ungkap Made Mariani lagi.

Bagi Ibu Made Mariani, partisifasi Smanduta dalam Lomba Utsawa Dharma Gita ini bukan semata-mata untuk meraih juara, melainkan untuk mendorong siswa agar melestarikan seni tradisi Bali, utamanya dharma gita. “Dengan lomba anak-anak akan berlatih. Proses latihan yang terus dilakukan akan memunculkan pemahaman di benak mereka bahwa melestarikan tradisi Bali itu penting,” ungkapnya.

Bidang seni tradisi dan keagamaan, seperti Utsawa Dharma Gita, seloka, dan kidung memang menjadi bidang seni langganan juara setiap kali diadakan perlombaan. Siswa Smanduta pernah meraih Juara I untuk seloka dan Juara II untuk kategori kakawin di IHDN. Selain pada lembaga tersebut, kejuaraan serupa juga pernah dimenangi di Unud dan UNHI.

Keberhasilan siswa SMA Negeri 2 Kuta dalam lomba seloka dan kakawin yang diikuti sebelum masa pandemi.

Selain dalam bidang seni dan budaya, prestasi siswa Smanduta juga moncer di bidang akademik. Mei lalu, tim LCC Smanduta berhasil meraih Juara I dalam Lomba LCC Umum yang diadakan Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Sebulan sebelumnya, siswa Smanduta juga berhasil meraih juara I dalam Matematica Contest.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *