Siswa Smanduta Sumbang Medali Emas Cabang Kabaddi pada PON XX Papua

Kontributor: Cencen Trisna Cendana (XII IPS 4)

Ni Luh Happy Restia Dewi saat menerima pengalungan medali

Siswa SMA Negeri 2 Kuta (Smanduta) harumkan nama Bali dalam kancah PON XX di Papua lewat cabang ekshebisi kabaddi, 27—29 September 2021. Siswa tersebut adalah Ni Luh Happy Restia Dewi.

Di final, Happy, sapaan akrabnya, bersama Tim Putri Kabaddi Bali berhasil menaklukkan tim tangguh Kabaddi Lampung dengan skor tipis 15-14 di GOR Balatkes, Jayapura, Papua Selasa (28/9). Tim Putri Kabaddi Bali pun berhak membawa pulang medali emas.

Sumbangan medali emas kepada Bali merupakan sebuah kebanggaan, tidak saja bagi Happy, tetapi juga bagi SMA Negeri 2 Kuta. Siswi kelas XII IPS 2 ini mengungkapkan rasa senang karena telah dipercaya mewakili Bali dan berharap agar capaiannya bisa memberi semangat dan inspirasi bagi atlet-atlet berbakat di Bali, utamanya di SMA Negeri 2 Kuta untuk terus berjuang mencapai prestasi.

Capaian membanggakan ini merupakan buah dari kerja keras Happy. Gadis kelahiran 10 Juli 2003 ini mengungkapkan, ia sejak kecil sudah menyukai olahraga dan menjadikan olahraga sebagai hobinya. “Saya menyukai olahraga karena saya tertarik dan merasa tertantang dengan kegiatan yang menggerakkan badan karena selain membantu menjaga kesehatan, juga bisa sebagai kegiatan untuk bersenang-senang, seperti olahraga favorit saya, kabaddi yang sudah saya geluti sejak SMP” ujarnya. Bahkan saat ia duduk dibangku kelas 4 SD ia telah ikut berpatisipasi dalam beberapa lomba khususnya bidang olahraga seperti atletik, karate, dan  kabaddi.

Tidak mengherankan jika prestasi yang dikumpulkan putri pasangan I Made Santika dan Ni Komang Redianis ini sangat banyak, yaitu Juara 3 Kabaddi Mangupura Cup 1 2018, Juara 3 Kabaddi walikota cup 2019, Juara 3 Kabaddi Bupati Cup 1 Gianyar 2019, Juara 1 Kabaddi Porjar Badung 2020, Juara 1 Kabaddi Porprov Bali XIV 2019, Juara 3 Kejuaraan Futsal Dekan Cup IX Bali 2018, Juara harapan 1 Lomba Debat Bahasa Bali Kabupaten Badung 2018, dan peraih emas dan perunggu dalam cabang ekshebisi Kabaddi PON XX Papua 2021.

Selayaknya atlet-atlet professional lain, Happy juga mempunyai idola yang dijadikan tokoh inspiratif agar termotivasi, yaitu Pardeep Narwal, atlet Kabaddi India. “Saya menjadikannya sebagai tokoh inspiratif saya karena permainan beliau yang bagus dan memiliki ciri khas sendiri, yang membuat saya juga ingin menjadi seperti beliau, yang gesit dan lincah dalam setiap penampilannya di lapangan.” Ujarnya.

Kegemaran Happy berolahraga juga didasarkan pada cita-citanya. Ia bercita-cita menjadi seorang Polwan.  “Usaha yang saya lakukan untuk meraih cita-cita, yaitu terus berlatih, memperkuat fisik dan rajin menjawab latihan soal untuk mengasah kemampuan diri. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar diberi kelancaran dan keselamatan dalam menghadapi segala rintangan yang dihadapi dalam prosesnya” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.