Siswa SMA Negeri 2 Kuta Dominasi Lomba Resensi Buku Serangkaian Festival Seni Bali Jani III

Cover Buku Kumpulan Puisi Gajah Mina karya Dewa Putu Sahadewa dan Made Gunawan

Serangkaian Festival Seni Bali Jani III 2021, Bali Mangsi Foundation bekerja sama dengan Dedari Art Institute and management, menyelenggarakan Lomba Penulisan Resensi Buku yang berjudul Gajah Mina. Buku tersebut merupakan kolaborasi antara penyair yang juga dokter, Dokter Dewa Putu Sahadewa, SPoG dengan perupa I Made Gunawan dan digelar mulai tanggal 19 September sampai 30 November 2021. Lomba diikuti oleh siswa SMP dan SMA Se-Bali. Dari keseluruhan naskah yang masuk, terpilih 10 (sepuluh) karya terpilih. Lomba tersebut menyediakan 10 (sepuluh) hadiah berupa uang tunai, masing-masing Rp 300.000; dan empat karya harapan masing-masing Rp 150.000. Masing-masing juga mendapatkan piagam pemenang finalis.

SMA Negeri 2 Kuta mendominasi lomba tersebut. Dari 10 karya terbaik yang dipilih juri, tedapat 7 karya siswa SMA Negeri 2 Kuta. Siswa tersebut adalah Aulia Fitriani, Komang Trinita Cahyani, Komang Ayu Wira Natalia Santi, Sang Ayu Nyoman Citra Agustina Dewi, Ni Komang Utari Wahyu Sara, Putu Desta Febriani, dan Komang Tiara Maharani. Selain itu, terdapat tiga siswa dari sekolah lain yang masuk dalam 10 penulis terbaik, yaitu Putu Arta Sedana Kori (SMP Negeri 1 Banjarangkan, Klungkung), Uli Septiani Nainggolan (SMP Negeri 1 Sekampung Udik, Lampung), dan Ni Made Aprilia Kartini Dewi (SMA PGRI 1 Amlapura, Amlapura).

Menurut dewan juri, seperti yang kami kutip melalui laman webnya, sebagian besar naskah yang masuk belum berani keluar dari frame penulisan resensi secara umum. Para peserta terpaku pada pelajaran resensi buku di sekolah.

Bagi tujuh siswa SMA Negeri 2 Kuta sendiri, ini merupakan pengalaman yang menarik. Mereka kompak menjawab bahwa kegiatan lomba resensi ini memantik semangatnya untuk terus membaca dan menulis.

Kepala SMA Negeri 2 Kuta, Drs. I Made Murdia, merasa senang dengan semangat siswa mengikuti lomba, lebih-lebih lomba menulis. Menurutnya, SMA negeri 2 Kuta memang sedang berupaya meningkatkan semangat berliterasi siswa, salah satunya dengan mendorong siswa untuk ikut event-even menulis. Bahkan, SMA Negeri 2 Kuta secara khusus membuat program penerbitan buku karya siswa melalui program Smanduta Menulis Buku. Untuk tahun 2021, telah terbit antologi puisi karya siswa Membawa Bali Kembali.

2 thoughts on “Siswa SMA Negeri 2 Kuta Dominasi Lomba Resensi Buku Serangkaian Festival Seni Bali Jani III”

  1. Jangan terlalu dari kegiatan literasi dapat membeli”nasi”
    Literasi lebih pada membuka wawasan dalam pengkAJIan diri.
    Hasil literasi dan menulis ,.merupakan peninggalan jejak sejarah diri untuk diri dan generasi.
    I am proud of you..
    Smanduta.. Jaya… jaya.. jaya.

  2. Jangan terlalu berharap dari kegiatan literasi dapat membeli”nasi”
    Literasi lebih pada membuka wawasan dalam pengkAJIan diri.
    Hasil literasi dan menulis ,.merupakan peninggalan jejak sejarah diri untuk diri dan generasi.
    Selamat dan sukses
    I am proud of you..
    Smanduta.. Jaya… jaya.. jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.