Siswa Smanduta Raih Medali Perak dalam Cloud Computing Club Competition Bali

Anisa Herawati Fajrin (tengah), Made Vero Putra Vrasta Purnawan (kiri), dan I Kadek Deo Jhoniantara (kanan) saat menerima penghargaan dan hadiah dalam Cloud Computing Club Competition (C4) Regional Provinsi Bali 2021 Kategori SMA.

Siswa SMA Negeri 2 Kuta (Smanduta) mencatatkan prestasi dalam Cloud Computing Club Competition (C4) Regional Provinsi Bali 2021 Kategori SMA. Siswa Smanduta tersebut adalah Anisa Herawati Fajrin, Made Vero Putra Vrasta Purnawan, dan I Kadek Deo Jhoniantara.

Lomba ini diadakan secara virtual (online). Setiap tim mengumpulkan karya secara online (lewat link). Pada Grand Final dilakukan secara online/daring. Peserta mengirim video presentasi pada link yang telah disediakan, lalu secara luring dilaksanakan wawancara di Kantor Disdikpora Provinsi Bali.


Anisa mengungkapkan, mulai 14 Oktober 2021, mereka sudah mengikuti pelatihan secara offline yang diadakan oleh Disdikpora Provinsi Bali yang bekerjasama dengan Sagasitas, yaitu ajang kompetisi sains dan kewirausahaan, serta AWS, sebuah perusahaan cloud teknologi informasi. “Kami diajarkan dasar-dasar pembuatan web menggunakan software Nicepage. Setelah pelatihan, kami langsung menginformasikan kepada pembina bahwa kami akan mengikuti perlombaan Web Design. Kami membuat website ini dimulai dengan pengumpulan informasi dari web-web kesehatan dan jurnal-jurnal kesehatan yang ada, kemudian kami menyusun kalimat menggunakan bahasa kami sendiri agar para remaja tertarik untuk terus membaca web kami. Kami mengumpulkan informasi di web/aplikasi Notion untuk proses design. Kami menghabiskan waktu kurang lebih 2 minggu full. Dimulai dari penentuan warna website dan penentuan apa saja yang akan ditampilkan di website,” ungkapnya.

Tahapan berikutnya, Vero menambahkan, mereka mulai menyusun web dan memasukkan materi yang dibuat di notion. Setelah proses editing dirasa cukup, mereka meng-export projek dalam bentuk zip dan mengumpulkan karya melalui link yang dikirimkan oleh panitia.

Setelah melaksanakan keseluruhan proses, akhirnya 22 Desember 2021, karya dari tiga siswa Smanduta ini diumumkan meraih medali perak Cloud Computing Club Competition (C4).

Rencana kedepannya, mereka akan mengembangkan UI dan UX, mengembangkan fitur yg kini sudah ada pada web dan menambah konten-konten yang berkaitan dengan masalah kesehatan pada remaja agar website ini menjadi lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.