1 views

Acasia 13 Dilepas, Siswa Smanduta Tampilkan Beragam Kreativitas

Badung – SMA Negeri 2 Kuta menyelenggarakan acara pelepasan siswa kelas XII, Selasa, 11 Mei 2021 yang berlangsung di aula SMA Negeri 2 Kuta. Acara pelepasan ini dihadiri secara langsung oleh kepala sekolah, ketua komite, beberapa guru dan pegawai, serta 20 siswa kelas XII yang berprestasi. Sementara siswa kelas XII yang lainnya dapat menyaksikan acara pelepasan tersebut secara daring pada platform youtube. Acara ini dilaksanakan dengan peserta yang terbatas (tidak lebih dari 50 orang) dikarenakan pandemi COVID-19 yang saat ini masih belum pulih.

Bapak Made Murdia, selaku kepala SMAN 2 Kuta mengungkapkan, pelepasan kelas XII ini sudah menjadi rutinitas sekolah dan menjadi seremonial resmi yang diadakan sekolah SMAN 2 Kuta setiap tahunnya. Acara pelepasan kelas XII ini juga merupakan bentuk kreativitas guru dan siswa dalam mempersiapkan dan mengisi acara sehingga setiap tahunnya menjadi lebih baik. “Acara perpisahan atau bahasa kerennya yaitu graduation ini memiliki makna yaitu secara simbolis, kewajiban sebagai siswa di SMAN 2 Kuta telah selesai. Pada momentum ini, sekolah melepas siswa dan menjadi sebuah bentuk kebanggaan siswa kelas XII untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi, baik kuliah mapun bekerja” tambah Bapak Adi Sanjaya, selaku salah satu perwakilan panitia guru.

Acara pelepasan kelas XII SMAN 2 Kuta dibuka dengan acara tari Jnana Dipa, tari maskot SMA Negeri 2 Kuta, yang menceritakan turunnya ilmu pengetahuan melalui Dewi Saraswati. Ibu Meriana, selaku pembina mengungkapkan, ada kesan tersendiri dalam mempersiapkan tarian ini. “Dengan waktu yang terbatas, mulanya saya pesimis. Namun, dengan semangat dan kreativitas siswa saat latihan daring atau langsung, Jnana Dipa berhasil dibawakan dengan penuh penjiwaan,” ungkap pengajar Seni Budaya ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMAN 2 Kuta, pembacaan doa, laporan ketua panitia, sambutan dari kepala SMAN 2 Kuta sekaligus penyerahan kembali siswa dari sekolah kepada orang tua secara simbolis, sambutan dari ketua komite, kesan dan pesan dari perwakilan kelas X, XI dan XII, penyerahan kenang-kenangan dari angkatan Acasia 13 kepada sekolah, dan acara pisah kenang. Terdapat juga acara hiburan, yaitu pementasan modern dance, penampilan lagu solo serta penampilan akustik.

“Terdapat beberapa kendala karena keterbatasan sarana dan fasilitas, namun acara pelepasan SMAN 2 Kuta berjalan dengan sangat lancar dan penuh haru” ungkap Karisma selaku salah satu panitia OSIS. Pak Adi Sanjaya juga mengungkapkan bahwa acara pelepasan kelas XII SMAN 2 Kuta dipersiapkan dalam jangka waktu yang cukup singkat, yakni satu minggu sebelum hari H. Para panitia guru dan panitia OSIS yang telah terpilih bekerja sama dan mempersiapkan acara tersebut dengan maksimal, sehingga acara pelepasan kelas XII bisa berjalan dengan baik. Pak Adi sanjaya menambahkan bahwa persiapan acara perpisahan kali ini cukup menantang dikarenakan dilaksanakan secara daring.

“Kelas XII tahun pelajaran 2020/2021 merupakan kelas yang luar biasa dan merupakan angkatan dengan jumlah siswa terbanyak sejak berdirinya SMAN 2 Kuta. Semua siswa memiliki warna masing-masing dalam memberikan brand pada angkatan ini dengan nama angkatan Acasia. Siswa kelas XII tahun ini juga memiliki prestasi dan kesan yang akan selalu bisa diingat. Setiap kelas memiliki keunikan tersendiri dan warna yang berbeda serta menarik sehingga sangat susah untuk dilupakan.” Ungkap Bapak Adi Sanjaya.

Harapan guru-guru serta siswa SMAN 2 Kuta terhadap siswa kelas XII yang telah lulus yaitu semoga para siswa bisa melanjutkan ke jenjang selanjutnya, baik kuliah dan bekerja dan bisa menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, almamater, bahkan nama bangsa Indonesia. Siswa kelas XII juga diharapkan terus mempertahankan sikap sopan santun dan kualitas diri yaitu dengan menjadi orang yang berkualitas secara intelektual, emosional dan spiritual dan tentunya menjadi orang yang sukses di masa depan dan berpendirian tangguh, tidak mudah menyerah.

Kontributor: AdindaCencenGitaAnastasyaCitraSukmaEricaNamiradan Miracle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *