792 views

Siswi Smanduta Raih Juara Kompetisi Biola Internasional

Adinda bersama Addie MS dalam acara OrkesKita di Jakarta tahun 2019.

Ni Made Adinda Laksmi Danaswari, siswi SMA Negeri 2 Kuta (Smanduta), kembali menorehkan prestasi pada bidang musik. Tidak tanggung-tanggung, prestasi yang diperolehnya adalah First Prize Winner (Juara I) pada International Youth Music Competition (IYMC) yang diadakan secara online pada bulan Mei 2021, sedangkan pengumuman juaranya dilaksanakan Minggu, (27/6) secara online. Kompetisi ini berpusat di Atlanta, Amerika Serikat.

Kompetisi ini diikuti dari berbagai negara dengan dewan juri yang juga dari berbagai negara, seperti Antonio Rugolo (Italia), Dr. Kevin Zhao (China), Dr. Chaerin Kim (Korea Selatan, Amerika), Dr. Vera Ilyushina (Rusia, Amerika), Eva Spata (Australia, Italia), Dr. William J. Earvin (Amerika), Shane Goodall (Afrika Selatan), Huu Mai (Amerika), Mary McGowan, Ed. Spec (Amerika), Pieter van Zyl (Afrika Selatan), Dr. Isaiah T. Bell (Amerika), Marija Maksimova (Makedonia), Jonas-Charles E. Brown (Amerika), Nina Weinfeld (Swedia, Prancis), Istvan I. Szekely (Spanyol, Hungaria), Lynne Lindner (Britania Raya), dan Misha V. Stefanuk (Rusia, Amerika).

Adinda menuturkan, prestasi ini merupakan capaian yang sangat berkesan dalam dirinya. “Pencapaian ini sangat berkesan sebab skala kompetisinya internasional. Dengan lomba ini, saya juga bisa mengukur potensi diri saya dalam bermain musik sekaligus juga mendapat apresiasi atas usaha saya selama ini ” ungkapnya.

Siswi kelahiran Denpasar, 28 Desember 2003 ini menceritakan, mengikuti kompetisi IYMC semula tanpa target walaupun demikian ia tetap berlatih dengan maksimal. “Saya tidak berambisi meraih juara. Tapi tetap berusaha yang terbaik. Saya latihan biolanya setiap hari, minimal 2 jam per hari. Untuk mengaturnya, apabila ada sekolah pada pagi harinya, saya selalu menyempatkan latihan pada malam harinya. Jika ada kesibukan pada sore hari, saya latihan pada pagi hari. Jadi saya menyesuaikan dengan kegiatan saya yang lain. Setiap ada jam kosong, saya berusaha mengisinya dengan latihan biola.”

Biola dan Adinda seperti pasangan yang takterpisahkan. Oleh karena itulah, prestasi pada bidang ini pun sangat mengesankan, seperti Highest score ABRSM Grade 1 Violin in 2016 tingkat Bali dan Nasional, Highest score ABRSM Grade 3 Violin in 2018 tingkat Bali dan Nasional, Highest score ABRSM Grade 5 Violin in 2019 tingkat Bali, Juara 2 musikklasikgram national online competition (music competition) untuk instrument biola kategori junior tahun 2020, Third place violin on Kings Peak International Music Competition in 2020 base in USA, dan First winner of International Grand Music Festival Competition Violin – Advance Category 2021.

Namun, proses belajar di sekolah juga tidak pernah diabaikan olehnya. Selain berprestasi di bidang musik, utamanya bermain biola, siswi yang sekarang duduk di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 2 Kuta ini juga berprestasi dalam bidang akademik. Terbukti ia mampu lolos sebagai finalis Kompetisi Sains Nasional-Kabupaten Badung tahun 2021 Bidang Kebumian dan berhak maju pada tingkat Provinsi Bali, Juara umum 3 X IPS semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, Juara umum 2 X IPS semester genap tahun ajaran 2019/2020, Juara umum 2 XI IPS semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, Juara umum 3 XI IPS semester genap tahun ajaran 2020/2021, serta finalis Puisi Terbaik Kategori Siswa Lomba Cipta Puisi Bertema “Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia” se-Indonesia Dermaga Seni Buleleng (DSB), Bali 2021.



5 thoughts on “Siswi Smanduta Raih Juara Kompetisi Biola Internasional”

  1. Prestasi yang di raih oleh siswi SMA N 2 KUTA atas nama Ni Made Adinda Laksmi Danaswari adalah prestasi kompetisi Biola Internasional. Siswi ini memperolehnya first prize winner (juara 1) pada internasionalinternasional youth music competetion (IYMC) yang ddiadakan secara online.
    Siswi ini membanggakan nama baik SMA N 2 KUTA.

    1. Prestasi yang di raih oleh siswi SMA N 2 KUTA atas nama Ni Made Adinda Laksmi Danaswari adalah prestasi kompetisi Biola Internasional. Siswi ini memperolehnya first prize winner (juara 1) pada internasionalinternasional youth music competetion (IYMC) yang ddiadakan secara online.
      Siswi ini membanggakan nama baik SMA N 2 KUTA.

  2. Hal berprestasi yang bisa oleh siswi SMA 2 merupakan citra yang menyatakan secara tidak langsung bahwa sekolah SMA 2 semanduta bukanlah sekolah biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *